Selasa, 09 Mei 2017

Belajar SPSS Pemula

Apa itu SPSS ?? pasti banyak dari kawan-kawan yang mau melakukan olah data skripsi dan menemui kata SPSS. SPSS ini adalah salah satu program aplikasi yang sekarang ini paling sering digunakan untuk melakukan olah data statistika, dimana hal ini paling banyak dilakukan oleh mahasiswa yang sedang menempuh/mau menyelesaikan skripsinya. SPSS merupakan singkatan dari Statistikal Package for the Social Sciens yang memiliki kemampuan analisis statistik yang cukup tinggi serta sistem manajemen data pada lingkungan grafis dengan menggunakan menu-menu deskriptif dan kotak-kotak dialog yang sederhana sehingga mudah untuk dipahami cara pengoperasiannya.

Hal pertama yang haru kawan” pahami yaitu mengenai data view dan variabel view seperti gambar dibawah :
Data view berfungsi untuk tampilan data seperti exel, data view ini sebagai lembar kerja.
Untuk melihat tampilan data view, dengan meng-klik tulisan (data view)
dan tampilannya sebagai berikut :
Variabel view berfungsi sebagai definisi operasional dari variabel yang kawan” gunakan yang hasilnya nanti akan terlihat di  data view. Untuk melihat tampilan variable view, dengan meng-klik (variable view) sepeti di tunjukan lingkaran merah,dan tampilan variable view seperti dibawah ini:
Setelah kawan” memahami fungsi data dan vriabel view kawan” bisa coba masukan data copas dari exel setelah itu paste di data view setelah itu klik variable view terus ubah sesuai dengan nama variable yang mau kawan” gunakan. Tahap memasukan data sudah selesai sampai disini untuk tahap olahnya nanti akan saya lanjut di pos berikutnya mohon bersabar kawan .

Tambahan sedikit untuk belajar mengenai fungsi menu utama spss seperti edit, file , view dll. Seperti di gambar dibawah ini bisa dibaca di cari di web lain dulu ya soalnya saya males juga buat hehehe jugaan sama bakalan pengertiannya wkwkwk

Oke setelah kawan” mengerti akan fungsi menu utama SPSS kawan” pasti bingung lagi, terus bagai mana cara saya melakukan uji asumsi klasik, regresi, dll. Bersabarlah kawan” next pos saya akan usahakan untuk menjelaskannya satu persatu.


Terimakasi atas kunjungannya dan Selamat belajar !!!

Sumber:
http://arlingsapri.blogspot.co.id/2014/03/cara-menjalankan-spss-bagi-pemula.html
http://knowledgesforfuture.blogspot.co.id/2012/12/cara-memasukkan-dan-mengolah-data.html
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Spss. Semarang: Badan Penerbit Universitas Sumatera Diponogoro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar