Sabtu, 13 Mei 2017

Cara Menghitung Statistik Deskriptif dengan SPSS

Halo kawan kita lanjut lagi belajar SPSS disini, sekarang saya akan membahas mengenai uji statistik deskriptif. Statistik deskriptif merupakan statistik yang digunakan untuk menganalisa data dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul (Sugiyono, 2013:206). Statistik deskriptif memberikan gambaran dari suatu data yang dapat dilihat dari nilai rata-rata (mean), standar deviasi, varian, maksimum, minimum, sum, range, kurtosis dan skewness (Ghozali, 2016:19).
Statistik deskriptif merupakan ringkasan dari data yang digunakan. Ringkasan tersebut memberikan informasi yang berkaitan dengan jumlah data yang digunakan, nilai rata-rata (mean), standar deviasi, nilai maksimum, nilai minimum, sum, range, kurtosis dan skewness. Statistik deskriptif dalam penelitian disajikan untuk memberikan informasi mengenai karakteristik variabel-variabel penelitian, yaitu jumlah sampel, nilai minimum, nilai maksimum, nilai rata-rata, dan standar deviasi. Untuk kawan” yang belum memiliki aplikasi SPSS bisa DOWNLOAD DISINI.
Oke langsung kita lihat cara melakukan olah datanya :
Step 1. Buka aplikasi SPSS kawan” lalu masukan data variabel yang akan kawan” gunakan dan langsung ganti nama variabelnya. Yang belum tau caranya bisa BACA DISINI ya !!
Step 2. Cari analyze – descriptive statistics – descriptives maka akan keluar seperti gambar dibawah :

Step 3. Pindahkan semua variabel ke kolom variable(s) caranya blok semua lalu klik  tanda > yg berada di antara kolom. Maka hasilnya akan seperti dibawah :


Step 4. Klik ok yang ad di kanan atas. Maka akan keluar output spss seperti di bawah ini :
                                                                 Descriptive Statistics


N
Minimum
Maximum
Mean
Std. Deviation
Y
352
-1,10
1,75
,1673
,50608
X1
352
-2,00
2,18
-,1101
,45684
X2
352
1,40
1,52
1,4479
,02452
Valid N (listwise)
352





Seperti itu cara melakukan olah data dalam uji statistik deskriptif. Untuk interprestasinya bisa dilogikakan saja kawan” tergantung ap variabel kita jadi singkatnya N adalah jumlah sampel, Minimum adalah nilai minimum dari masing” variabel, Maximum adalah nilai maksimum dari masing” variabel, mean adalah nilai rata-rata dari masing” variabel, std. Deviation adalah besaran penyimpangan terhadap nilai rata-rata yg terjadi pada nilai setiap variabel. Untuk kawan” yang masih bingung bisa kemen dibawah !!!
Sekian dulu ya selamat belajar dan semoga cepat kelar sekripsi kalian #salamspicy

Tidak ada komentar:

Posting Komentar